Kamis, 27 Desember 2012

makanan khas brebes

Wisata Kuliner Telur Asin Brebes

Telur Asin - Kab. BrebesKabupaten Brebes terkenal dengan penghasil telur asin selain bawang merah. Adanya industri pembuatan telur asin disebabkan karena banyaknya peternakan bebek. Dalam memilih telur asin yang berkualitas pembeli harus memperhatikan ciri-ciri seperti: kuning telur bewarna jingga hingga kemerahan, tidak mengeluarkan cairan, tidak amis, dan rasa asin tidak menyengat.  



Arumanis Khas Brebes

Arumanis merupakan makanan ringan yang berasal dari Kabupaten Brebes. Rasanya yang manis dan gurih membuat banyak masyarakat yang menyukainya. Bahan yang digunakan unruk membuat Arumanis adalah gula, tepung terigu, air dan bawang merah. Arumanis dibuat dengan merebus bahan-bahan yang sudah dicampur kemudian dibuat tekstur serat.

lengong Goreng Khas Brebes

Kabupaten Brebes menawarkan masakan khas Blengong Goreng. Blengong merupakan hewan unggas yang berasal dari perkawinan antara itik dan entog. Blengong goreng disajikan dengan sambal, lalapan dan nasi panas. Warung makanan ini bisa ditemukan di daerah Lemba Rawa.

Pecel Belut Brebes

Pecel Belut merupakan makanan khas yang bisa dinikmati di Kabupaten Brebes. Sesuai dengan namanya, makanan ini merupakan perpaduan antara pecel dengan belut goreng yang garing. Lokasi warung pecel belut yang terkenal berada di Desa Cigedo, Kec. Kersana.

Ketupat Sate Blengong

Ketupat Sate BlengongKabupaten Brebes menghadirkan makanan khas masyarakat yaitu Ketupat Sate Blengong. Makanan ini merupakan perpaduan antara Ketupat dan Sate. Daging yang digunakan untuk sate adalah daging bebek. Bumbu sate khas Brebes sebagai teman daging sate yang empuk ditambah kelezatan ketupat merupakan daya tarik pembeli. Yang unik dari makanan ini adalah panjang tusuk sate yang mencapai lebih kurang 30 cm. Untuk penyajiannnya, sate dan ketupat disajikan secara terpisah. Makanan ini dapat dijumpai di alun-alun Brebes pada malam hari. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar